Monday, August 20, 2007

Teater: Perlawanan Ontosoroh

Pementasan Teater Nyai Ontosoroh, cukup membuat keinginan saya melihat visualisasi karya Pram cukup tinggi. Tampaknya kesan Ilham Khoiri, pada tulisannya di Kompas Minggu 19 Agustus 2007 terhadap karya Pram "Bumi Manusia" sama dengan kesan saya dan mungkin sama pula dengan kesan pembaca karya Pram yang lain. Saya-pun termasuk yang tidak akan rela jika imajinasi saya tentang karya Pram ini dirusak hanya karena pementasan teater, atau bahkan pembuatan film sekalipun... karena bayangan saya tentang karya Pram ini hanya boleh saya pribadi miliki... tidak untuk orang lain. Maka saya maklum adanya kekecewaan Ilham Khoiri tentang pementasan Teater Nyai Ontosoroh ini, dan kekecewaan tersebut mungkin akan semakin banyak diucapkan oleh para penggemar Pram yang lain.... hal ini karena hak untuk menterjemahkan karya Pram hanya ada pada sanubari masing-masing pembaca....termasuk saya.... salut buat pementasannya

No comments: