Friday, February 17, 2006

Pramist

Wah sudah lama saya nggak nulis di blog ini. Tahun ini akan saya aktifkan lagi deh..beberapa catatan tentang Penulis yang begitu saya kagumi...
Baru aja mbaca Matabaca Vol.4/No.6/Februari 2006, yang meliput Pramoedya secara lengkap..wah kerinduan akan Pram..muncul lagi..sejak lama tenggelam dalam lautan buku-buku kuliahan selama kuliah....Kubuka lagi beberapa koleksi file naskah Pram...Oh..ya...saya punya naskah lengkap buku Tetraloginya Pram dalam bentuk Page Maker yang siap di-PDF kan. Pernah punya niatan untuk menghubungi Pram untuk menjual naskahnya via Internet...tapi nggak tahulah...apakah Pram mau..ya..contact nya aja nggak tahu.
"Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari..." Pram 06/02/2006

15 comments:

Charly Silaban said...

Ia telah berpulang..!
Bangsa ini kembali kehilangan sosok berkualitas..

udin said...

Pram memang bukan siapa-siapa saya. tapi kepergiannya membuat saya merasa sangat kehilangan.selamat jalan Pram

mataharitimoer said...

Jenazah Pramoedya Ananta Toer Telah Diberangkatkan dari Rumah Duka

Sigit Kurniawan [elshinta.com] - Jakarta, Jenazah almarhum sastrawan dan budayawan Pramoedya Ananta Toer, sekitar pukul 13.40 WIB, Minggu (30/4) siang diberangkatkan ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak Jakarta Pusat untuk dimakamkan.

Pada waktu pemberangkatan jenazah tadi, sejumlah anggota keluarga, kerabat dan handai taulan terlihat ikut dalam iring-iringan mobil jenazah dari rumah duka di Jalan Jalan Multikarya II/26, Utan Kayu, Jakarta Timur.

Diantara para pelayat yang hadir tadi, terlihat mantan anggota Komnas Hak Azasi Manusia (HAM) Sholahuddin Wahid dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

Hingga berita ini diturunkan, suasana di rumah almarhum yang pernah menerima penghargaan Freedom to Write Award dari PEN American Center, Amerika Serikat pada tahun 1988, penghargaan dari The Fund for Free Expression, New York, AS pada tahun 1989 dan Ramon Magsaysay Award, Manila, Filipina pada tahun 1995 ini sudah terlihat lengang dari para pelayat. Namun sejumlah keluarga, kerabat, handai taulan dan tetangga almarhum masih terlihat berada di sana. (doa)

Aman said...

Selamat jalan, Pram. Semoga perjuanganmu tidak sia-sia untuk generasi-generasi selanjutnya. Saya sendiri sudah membaca tetralogi beliau dan beberapa karya beliau yang lain. Buku "Jejak Langkah" sudah koyak-koyak dan berumur tua.

Kalau boleh, PDF-nya bagi dong sebagai koleksi, karena bukunya sekarang sering dipinjam-pinjam nih. Takut tiba-tiba lenyap aja. Contact: aman@kinana.or.id

Terima kasih

Bangsari said...

Tulisannya mataharitimoer mbok dipostingin sebagai tulisan. Kan bagus dan cukup panjang. Gimana mas Edi? Maaf saya berusul demikian. Met kenal...

Anonymous said...

Salam kenal,

Sebagai penikmat karya Pram, kalau mas Edi tidak keberatan saya ingin memperoleh Page Maker Tetralogi-nya sebagai koleksi.
Ini Contact saya : hima1ichi@yahoo.com
(hima_1_ichi at yahoo dot com)

Terima kasih

Anonymous said...

Salam kenal,

Sebagai penikmat karya Pram, kalau mas Edi tidak keberatan saya ingin memperoleh Page Maker Tetralogi-nya sebagai koleksi.
Ini Contact saya : hima1ichi@yahoo.com
(hima_1_ichi at yahoo dot com)

Terima kasih

Rully said...

saat ini semua buku2 Pram didistribusikan oleh KPG. Anda bisa hubungi penerbit KPG kalo hendak mencari buku2 Pram

Anonymous said...

hi, salam kenal...

bisa tolong beritahu bagaimana saya bisa mendapatkan PDF nya Bumi Manusia?untuk bahan presentasi...

mungkin pak Pram ga akan tahu...bagaimana Bumi Manusia sampai di Portland OR n menjadi textbook untuk para junior di Lincoln High school...

terima kasih,
Risma (fin_vayu@yahoo.com)

erlangga said...

Mas edi, mungkin bisa di share ke email saya(erlangga.mukti@gmail.com)bentuk pdf dari tetraloginya mas pram.. terutama yg anak semua bangsa.. sudah 2 minggu ini saya cari di toko buku pasti stocknya sudah habis.. Terima kasih sebelumnya..
Bangsa Indonesia harusnya bangga memiliki sastrawan sekaliber mas pram..

Muhammad Ali said...

Mas Edi,
Bolehkan saya dapat copy PageMaker filenya Bumi Manusia ? Sebenarnya saya punya hardcopy yang terbitan hasta mitra, tapi sayangnya pada halaman2 akhir ada kesalahan jilid sehingga tidak lengkap halamannya.
Please contact saya di alirizal@gmail.com. Saya juga tinggal di jogja :-)

Muhammad Ali said...

Dear Mas Edi,

Bolehkan saya dapat copy file pagemaker untuk bumi manusia ?
Saya sebenarnya punya hardcopynya yang terbitan hasta mitra, tapi sayangnya ada kesalahan jilid sehingga tidak lengkap halamannya.
Please contact saya di alirizal@gmail.com. Saya juga tinggal di jogja lho... :-)

nikkiputrayana said...

boleh donk aku dikirimkan versi e booknya ke nikki_putrayana@hotmail.com
soalnya saya ingin koleksi semua hal berkaitan dengan Pram
thanks

nikkiputrayana said...

boleh donk aku dikirimin versi e booknya ke
nikki_putrayana@hotmail.com
soalnya aku mau koleksi semua hal yang berkaitan dengan Pram.
Boleh juga mampir ke blog saya, disana saya juga kasih pemikiran saya tentang Pram
Thanks

izzah said...

boleh minta pdf bumi manusia?email saya izzah6064077@gmail.com
terima kasih