Monday, December 20, 2004

Bumi Manusia

Bumi Manusia merupakan buku pertama dari seri tetralogi karya Pramudya. Buku Tetralogi ini merupakan buku Favorit saya, selain karya-karyanya Linus Suryadi. Saat membaca buku Bumi Manusia, saya berangan-angan jika saya mempunyai dana cukup, maka akan saya buatkan filmnya, minimal buku pertama dari Tetraloginya Pram ini. Dengan Sutradara sekaliber Garin Nugroho, film ini akan menjadi film peraih Oscar mestinya...siapa tahu. Buku ini merupakan roman sejarah pada masa kejadian tahun 1898 hingga 1918, jadi saat membaca buku ini, anda harus melakukan perjalanan jauh ke masa lampau, yang oleh Pram biasanya di deskripsikan cukup hidup dalam bukunya. Buku ini mempunyai tokoh sentral Minke namanya, sosoknya mengingatkan saya pada sosok Bung Karno saat masih muda. Tokoh lain, yang sepertinya merupakan tokoh idola dari Pram dan pandangan sosok Pram terhadap wanita, yaitu Nyai Ontosoroh. Dari buku ini, para tokoh-tokoh wanita yang biasanya meneriakkan tentang kesetaraan Gender, dapat belajar jauh dari sebuah sosok Nyai Ontosoroh ini.

4 comments:

Anonymous said...

Jgn aja sampe dibuat ama raam punjabi. bisa-bisa sutradaranya koya pagayo dengan bintang2 MD layaknya nia ramadhani sbg annelies(oh my Lord!), iqnal jd minke(anyone, shoot me plz!), ampe nenni triana jd nyai ontosoroh(bacok, Raam Punjabi!)

Rully said...

Salam kenal Bung!
sepertinya impian bung akan menjadi kenyataan. Bumi Manusia betul2 akan difilmkan oleh Garin Nugroho... Semoga keajaiban novel Pram ini bisa mengangkat bumi Indonesia ini...

Anonymous said...

ya,,betul bung!!!
sebetulnya,,syuting film bumi manusia yang disutradarai oleh garin sedang dalam tahap pengerjaan mulai tahun 2004,,
jadi mari kita tunggu saja,,
semoga film ini cepat slesai,,

nicebagus said...

Jadi saya sudah keduluan sama Garin ya..?
Kita tunggu dan lihat sampai level mana Garin mampu menuruti imajinasi saya.